Jumat, 11 Maret 2011

TIP BERHENTI MEROKOK

Secara umum tidak ada tip berhenti merokok yang efektif jika tidak diikuti oleh tekad yang kuat dari dalam diri perokok itu sendiri. Oleh karena itu, keinginan kuat untuk berhenti merokok harus ditumbuhkan terlebih dahulu dalam diri. Maka dengan sendirinya tip berhenti merokok sesederhana apapun akan efektif.

Keinginan yang Kuat

Tekad atau keinginan yang kuat adalah kunci keberhasilan program berhenti merokok bagi Anda. Karenanya tip berhenti merokok yang pertama adalah membangun keinginan/tekad yang kuat di dalam diri sendiri.
Bagaimana caranya? Salah satu cara untuk menumbuhkan keinginan yang kuat tersebut adalah dengan menemukan alasan yang kuat kenapa Anda harus berhenti merokok? Alasan yang kuat inilah nantinya yang akan menjadi pondasi tekad Anda. Semakin banyak alasan positif yang mendorong Anda untuk berhenti merokok, maka keinginan atau tekad Anda untuk berhenti merokok juga akan semakin kokoh.

Kenali Bahaya Merokok

Mengenali bahaya merokok juga merupakan salah satu tips untuk menumbuhkan tekad berhenti merokok. Ada baiknya Anda mengenal bahaya-bahaya merokok. Konsultasi dengan dokter, baca buku, browsing artikel tentang bahaya merokok adalah cara efektif untuk mengenal lebih jauh bahaya merokok.

Cari Dukungan

Komunikasikan tekad Anda untuk berhenti merokok pada orang-orang terdekat.  Minta dukungan dari mereka, dengan demikian Anda tidak merasa sendiri untuk mewujudkan impian berhenti merokok. Dukungan dari orang-orang tercinta yang ada di sekeliling Anda akan menjaga semangat dan keinginan Anda untuk terus berbuat yang terbaik. Berhenti merokok tidak hanya memberi manfaat bagi diri Anda, tapi juga bagi mereka (orang-orang yang Anda cintai).

Target

Menetapkan target waktu kapan Anda akan berhenti merokok sangat penting. Karena, tanpa target, Anda akan cendrung menunda-nunda keinginan untuk segera terbebas dari jeratan candu rokok. Lebih baik lagi jika Anda membuat schedule pentahapan rencana program berhenti merokok.
Misalnya bulan pertama Anda mengurangi konsumsi rokok 3 batang perhari. Bulan kedua Anda mengurangi konsumsi rokok, 2 batang per hari. Bulan ketiga kembali mengurangi konsumsi rokok, cukup satu batang per hari. Pekan pertama bulan keempat dan seterusnya, bebas rokok. Selamat mencoba!

Oleh: AnneAhira.com Content Team 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar