Senin, 07 Februari 2011

PENGANTAR EPIDEMIOLOGI

PENGANTAR EPIDEMIOLOGI

        Epidemiologi sebagai suatu ilmu, telah lama dipakai untuk menelusuri asal -usul dan penyebaran penyakit infeksi sera non infeksi pada intinya epidemiologi menekankan pada upaya menerangkan bagaimana frekuensi & distribusi penyakit serta bagaimana berbagai faktor dapat menjadi penyebab penyakit. Sehinga beberapa ahli epidemiologi mengemukakan bahwa, apabila telah mempunyai banyak pengalaman di lapangan, maka akan mampu mengungkapkan setiap masalah yang berhubungan dengan penyakit dan cara-cara pemecahan masalah tersebut.
        Untuk mengungkapkan dan menjawab masalah-masalah yang ada dimasyarakat tersebut, epidemiologi melakukan berbagai cara yang selanjutnya menyebabkan epidemiologi dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu:
  1. Epidemiologi Deskriptif
  2. Epidemiologi Analitik
  3. Epidemiologi Eksperimental. meliputi: Epidemiologi Klinis, epidemiologi Penyakit Menular, Epidemiologi Penyakit Tidak menular, Epidemiologi Lingkungan, Epidemiologi Kerja, Epidemiologi Pelayanan Kesehatan dan Epidemiologi Kebijakan Kesehata
       Bila dipandang berdasarkan unsur dan komponen pokok Epidemiologi maka terdapat 3 unsur yaitu manusia atau lebih dikenal dengan istilah orang (Man),  waktu (time) dan tempat (place).
Berdasarkan unsur  pokok epidemiologi inilah segala sesuatu dikaitkan terhadap persoalan-persoalan yang ditemukan dalam upaya memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kegiatan 5 tingkatan pencegahan penyakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar